CARA NYAMAN BEKERJA MENGGUNAKAN IPAD

Jika pada beberapa tulisan yang telah lalu saya menulis tentang cara bekerja menggunakan tablet Android, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya supaya nyaman bekereja dengan menggunakan iPad. Ini saya lakukan semata mata karena perangkat perangkat tablet sebenarnya dapat di manfaat kan buat bekerja dan berkarya. Jika kebetulan anda melakukan perjalanan dan malas membawa laptop yang besar, dan jika pekerjaan anda masih dalam batas pekerjaan wajar, ringan, sekedar membuat laporan, menulis, mengedit dokumen dan gambar, seharusnya baik iPad maupun tablet Android dpat melakukan hal tersebut dengan sempurna. Sama seperti tablet android, iPad telah lama di lengkapi oleh asesories tambahan seperti di bawah ini:

1. Keyboard. Keyboard iPad terkenal presisi dan nyaman digunakan buat mengetik. Tidak seperti keyboard yang diperuntukan untuk tablet android yang banyak keluaran tiruannya, keyboard untuk iPad terkesan ekslusive dan bagus. Keyboard ini bisa digunakan untuk mengetik laporan, menulis email dengan cepat bahkan menulis sebuah buku baik fiksi mapun non-fiksi jika anda mau.
Gambar Keyboard iPad
Keyboard iPad yang dapat kita jumpai dipasaran, termasuk di Batam umumnya terbuat dari bahan aluminium. Ada juga keyboard yang telah dilengkapi dengan perangkat telapon dan pena stylus dan diperuntukan buat iPad mini. Umumnya keyboard iPad telah berfungsi sekaligus sebagai dock agar iPad dapat ditegakan secara portrait atau secara landscape (posisi vertical atau horisontal)
Gambar menunjukan, keyboard buat iPad juga berfungsi sebagai dock dudukan iPad
Namun di pasaran juga tersedia bermacam dudukan iPad yang dijual secara terpisah.

2. DOCK. Dock iPad yang dijual terpisah dari keyboard banyak juga dijumpai dipasaran, dock dock ini dillengkapi dengan charger atau power bank, ada juga dock yang dilengkapi dengan speaker untuk mendengarkan musik. Ketika bekerja menggunakan dock ini anda hanya tinggal meletakan keyboard didepannya dan mengetik sambil mendengarkan musik.
Dock iPad yang diilengkapi dengan speaker

Gambar diatas adalah gambar dock yang di lengkapi dengan speaker stereo dengan kualitas suara bagus sehingga anda bisa bekerja sambil meletakan keyboard didepan layar ipad dan mendengarkan musik pavorite.
Gambar dock sekaligus charger dan multi plug
3. USB on The Go. Atau OTG, adalah asoseries pelengkap yang berfungsi sebagai konektor ke usb sehingga iPad berfungsi layaknya PC laptop/dekstop. Dengan asoseries ini anda bisa memindahkan data dari USB ke iPad atau seballiknya data dari iPad ke USB. Sebenarnya mentrasfer dokumen dapat kita lakukan dengan berbagai cara: menyimpannya di cloud seperti dropbox, google drive, sugar sync dll dan dapat kita akses kembali melalui PC atau komputer dii kantor maupun di rumah. Namun bagi kita yang terbiasa menggunakan USB sebagai sarana penyimpanan OTG sangatlah diperlukan.
Gambar OTG connector
Gambar diatas menunjukan lubang lubang untuk memasukan USB, kartu SD kecil dan kartu SD besar. Sama seperti pada tablet Android Samsung keluarga galaxy OTG dapat ditemukan dengan mudah dipasaran.
Gambar kartu SD dimasukan ke OTG
Nah kita telah menjelaskan tentang tiga asoseries penting untuk kenyamanan bekerja dengan iPad, lalu pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan dengan semua itu? Ya pekerjaan sepeerti yang biasa kita lakukan di laptop dan PC semisal, mengcreate dan  mengedit dokument office, baik itu dalam bentuk Microsoft Office, word dan membuat presentasi. Pekerjaan yang biasanya terkait dengan laporan keuangan, laporan inspeksi baik harian, mingguan maupun bulanan.

4. SOFTWARE PENDUKUNG
 Nah disamping perangkat atau device tambahan diatas, iPad juga menyediakan sofware sofware pendukung pekerjaan di App. storenya. App store adalah toko buat tablet dan ponsel milik apple. Kalau untuk urusan produktivitas di PC kita menggunakan Microsof Office yang berbayar lumayan mahal maka di App Store ada banyak aplikasi office murah dan bahkan gratis, diantaranya:

-iWork: Adalah aplikasi perkantoran milik apple, sama saja dengan Microsof office, anda bisa melakukan pekerjaan memakai formulasi hitung menghitung dan tabel seperti di microsoft excel, anda juga dapat melakukan pengetikan di word dan membuat presentasi. Dalam hal presentasi iwork bahkan presentasinya dapat dilakukan dengan menggunakan iPhone sebagai remote control, tinggal gunakan keynote remote.
Gambar contoh lembaran spreadsheet iwork tidak ada bedanya dengan Microsoft Excel
-GOOGLE DRIVE. Google Drive adalah alternative penyimpanan, selain harddisk iPad yang terbatas atau bahkan USB, dengan menyimpan dookumen di Google Drive anda akan dapat mengaksesnya dimanapun dengan berbagai perangkat komputasi seperti tablet, PC laptop/dekstop, bahkan pakai ponsel. Kartu pembukanya adalah email google dan password anda sendiri.

Google Drive termasuk Cloud Store, atau gudang penyimpanan di awan. Kita dapat mensinkronkan ID google kita di Ipad dengan internet, begitu megolah dokumen di iPad, dan dapat segera mengupload dan menyimpannya di gooogle drive. Bukan hanya itu, dengan Google drive kita di beri akses mengedit dokumen yang telah tersimpan langsung di google drive, tidak perlu harus membuka iwork terlebih dahulu.

Saya rasa masih banyak software pendukung yang tersedia di App Store, tapi hanya dengan dua software yang telah ditampilkan diatas saja telah dapat memenuhi kebutuhan anda berkomputasi menggunakan iPad.

Selamat berproduktivitas!

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG