GADGET BISA MEMBUATMU MISKIN ATAU MENJADIKANMU KAYA?



Pertama yang kita bahas adalah mengapa gagdet dikatakan bisa merusak? Simak pembahasannya di bawah ini:

1. GAGDET YANG MERUSAK

a. Kehilangan waktu. Orang yang kecanduan gagdet akhirnya berpotensi kehilangan banyak waktu yang berharga dalam hidupnya, ini serius. Kamu bisa saja kehilangan fokus ketika bekerja dengan gagdet yang yang dipenuhi qouta internet didalam genggaman tanganmu, setiap waktu mengalihkan perhatian kelayar hape adalah persoalan yang jelas secara matimatika merugikan, ketika disana ada notifikasi dari aplikasi chatting dari seseorang, dari teman teman dan group, ketika kamu membuka facebook dan instagram, fokusmu terhadap pekerjaan teralih seketika. Ada pepatah mengatakan: Kamu mengabaikan yang sedang berada di depan matamu, untuk menanggapi sesuatu yang jauh berada entah dimana. Apa akibatnya jika pekerjaan kamu abaikan? Kamu bisa kehilangan kesempatan, promosi, pekerjaan jadi menumpuk dan stress.

b. Merusak interaksi sosial. Di dunia nyata pada saat kamu duduk bersama seseorang atau bersama beberapa orang, matamu tidak menatap matanya ketika dia berbicara, tanganmu malah sibuk mengusap layar gagdet, dan matamu juga memandang ke layarnya dengan tekun. Akhirnya lawan bicaramu akan bosan dan meninggalkanmu seorang diri. Menjadi sendiri adalah dampak yang dapat di hasilkan oleh gagdet, dan itu dapat kamu lakukan dengan mudah namun dampaknya kepada kehidupan pribadimu menghasilkan bentuk depresi lain. Masa sekarang mudah menjumpai sebuah keluarga yang sedang duduk di meja makan di sebuah restoran tidak saling bicara karena di tangan seorang anak, seorang ibu dan bapaknya ada smartphone. Pada saat ini gagdet telah menjadi penjara yang sulit bagi sebagian orang untuk kembali bebas ke dunia nyata.

c. Menambah pengeluaran. Pengeluaran membengkak jika budget internet menjadi kebutuhan yang mendekati candu, pengeluaran internet anak, isteri dan suami secara matimatika dapat dihitung perbulannya sebagai beban tambahan keluarga. Ini akan semakin berat jika digunakan hanya untuk bersilancar di internet, bermain game online, berjam jam hanya untuk chatting dan memonitor jejaring sosial. Kecanduan internet dapat membuat pekerjaan yang seharusnya dikerjakan didalam rumah tangga seperti mencuci, menyetrika dan membersihkan rumah jadi tertunda atau tidak lagi sempurna.

d. Menurunkan produktivitas. Pengaruh gagdet bisa menurunkan produktivitas, misalnya pada saat bekerja dikantor, orang sering bisa menunda pekerjaan yang di anggap kecil untuk berinteraksi di ke dunia maya "sebentar" namun chatting jadi berlarut larut, dan melupakan tugas daripada pekerjaan. Bagi kamu yang memiliki bisnis sendiri seperti toko, jualan, atau pekerjaan teknis sebaiknya membatasi penggunaan gagdet dan internet untuk keperluan kesenangan.


Diatas telah kita bahas beberapa kerugian yang bisa kita derita akibat kecanduan gagdet dan internet. Sekarang kita akan membahas bukan hanya bisa melahirkan hal hal buruk namun gagdet juga bisa membuatmu keren, genius dan kaya raya, tidak percaya? Simak pembahasannya dibawah ini:

2. GAGDET YANG MEMBUAT BERUNTUNG

a. Belajar dan Pendidikan. Kuliah online itu adalah hal biasa, namun belajar secara otodidak melalui gagdet adalah hal yang semakin banyak dilakukan oleh orang pada masa kini, hampir semua jenis pengatahuan sekarang ada di internet di posting dengan berbagai teknik dan tutorial, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki sebuah gadet yang pantas, saya menyarankan lebih baik sebuah tablet ringan dan tipis dengan kapasitas storage minimal 32GB, RAM 2GB agar pelajaran bisa di terima tanpa kendala lagging, kamu bisa mendapatkan internet gratis dengan wi fi ketika berada ditempat umum di kota kota tertentu, misalnya dengan terlebih dahulu setting internet wi fi seamless pada saat berada di skolah, di taman kota atau diperpustakaan umum. Cara belajar ini bisa juga kamu sebut dengan otodidak. Apa saja mata pelajaran yang dapat kamu pelajari dengan mudah melaui gagdet dan internetnya?


  • BAHASA INGGRIS. Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan sangat interactive melalui internet, kamu bisa menggunakan youtube dengan tutorial bahasa inggris yang bahkan tidak kamu dapatkan di bangku kursus atau sekolah, jika perlu kamu dapat memasang kamus bahasa inggris di hape atau tablet untuk menghapal kosakata bahasa Inggris dan belajar conversation melalui youtube, banyak orang yang berhasil lancar berbahasa Inggris karena bersungguh sungguh belajar melalui trio: Gagdet-Internet-Youtube. Lihat contoh kursus bahasa Inggris yang sering saya ikuti: 

  • CODING PEMROGRAMAN. Pada awalnya kita  menyangka belajar coding itu susah dan rumit, ternyata sangat sederhana, lagi lagi hanya dengan Gagdet-Internet-youtube kamu akhirnya memahami bahasa bahasa programming. Kamu bisa belajar coding dari dasar dengan sangat mudah melalui tutorial di youtube dan mengunjungi situs situs terkait pelatihan secara gratis. Mengapa belajar koding itu baik? Karena zaman sekarang adalah zaman teknologi, dengan belajar coding dan pemrograman siapa tahu kamu bisa menjadi developer aplikasi dan game dan menjualnya di Play Store Android, dengan coding kamu bisa mendevelop berbagai hal di internet, atau membuat website, membuat software, membuat game dan sebagainya. Jadi kamu jangan mengira belajar coding itu hanya bisa kamu lakukan melaui bangku sekolah ya..coba saksikan salah satu contoh tutorial belajar program web dibawah ini: 
  • BELAJAR DAN LATIHAN MENULIS ONLINE. Kamu dapat mulai belajar dari tutorial menulis dan melatihnya melalui blog atau situs gratisan, bergabung dengan beberapa komunitas produksi, menulis dan berdiskusi dengan mereka akan membuatmu terlatih menjadi penulis, jangan takut membuat kesalahan pada saat kamu mempersiapkan diri sebagai penulis, jangan takut gagal karena kegagalan itu sifatnya hanya sementara, kamu pasti akan mendapatkan pelajaran yang berharga setelah itu. 


Nah setelah kamu berhasil mempelajari banyak hal dan memanfaatkannya untuk kesuksesan hidupmu, mari kita bahas apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari beraktivitas online menggunakan gagdet? Simak pembahasannya dibawah ini:

b. BER-PRODUKTIVITAS DAN MENGHASILKAN UANG. Ajaibnya kemampuan gagdet seperti hape dan Tablet ini bisa dimanfaatkan untuk cari uang, zaman berubah ketika peran laptop hampir sepenuhnya diambil alih oleh gagdet, sebagai contoh, dulu apabila kita ingin membuat sebuah website, membuat blog kita harus pergi ke dekstop atau laptop, lalu dalam beberapa tahun kita telah bisa beralih ke tablet dan sepenuhnya mengerjakan hal hal yang tadinya hanya bisa kita lakukan dengan laptop ke tablet dengan sangat mudah! Apalagi kini kamu tidak perlu lagi membawa bawa ransel berisi laptop cukup tas kecil yang tidak mencolok yang didalamnya ada keyboard bluetooth dan tablet tipis yang kuat. 

Jadi setelah kamu belajar kamu dapat melakukan beberapa hal seperti contoh di bawah ini:
  • BISNIS ONLINE. Kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui internet hanya melaui gagdetmu, misalnya dengan membuka toko ONLINE sebagai support jualan realmu di dunia nyata. Pemesanan melalui online sekarang menguasai beberapa bisnis terutama elektronik, kamu dapat menawarkan produk atau barang daganganmu ke warga internet melalui gagdet-Internet. Masa sekarang  banyak situs yang menyediakan toko online gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat tokomu sendiri dan lalu menjual daganganmu disana. Syaratnya adalah jujur dan menjaga kepercayaan apalagi setelah mereka menjadi pelangganmu.
  • MENULIS ONLINE dan BEKERJA ONLINE. Masa sekarang banyak situs yang menawarkan pekerjaan sebagai penulis yang akan mereka muat di situs online mereka dan memberikan imbalan berupa uang, atau merekrut kamu sebagai konstributor artikel secara tetap, jika demikian artinya kamu telah mendapatkan pekerjaan yang hampir tetap! Kamu bisa membuat vlog (video blog) dan memposting postingan berguna dan menarik bagi warga internet lalu memonetesi postinganmu apabila kelak subscribermu telah banyak. Mungkin awalnya subscriber mu sedikit sehingga viewer atau yang menonton videomu sepi, jangan kuatir hal itu telah terjadi kepada setiap pemula. Apalagi kita bukan tokoh publik seperti artis, tokoh masyarakat. Kamu juga dapat menawarkan jasa jasa yang mungkin mereka butuhkan. Kamu bahkan dapat melihat contoh bisnis online terbesar di dunia yakni FACEBOOK. GOOGLE, Yahoo, Jalan Tikus, Kaskus dll. Mereka adalah bentuk bisnis online jejaring sosial yang terus dan berkembang tentu saja pemiliknya menjadi kaya raya..
  • JASA ONLINE. Banyak orang membangun usaha berbasis online seperti jasa kursus bahasa inggris, tata rias kecantikan, jasa konsultasi hukum, bisnis, kesehatan dan kebugaran dan masih banyak lagi yang tidak dapat kita sebutkan satu persatu. Jika kamu merasa memiliki kemampuan dan skill yang dapat dimanfaatkan mengapa tidak mencoba menawarkannya melalui online? Banyak jasa alih bahasa, penulisan skripsi, mengolah dokumen, jasa penyimpanan dokumen online dll dilakukan secara online. Cloud Storage misalnya google drive, One Drive (microsoft), DropBox, SugarSync dll adalah bentuk jasa penyimpanan di awan yang hanya dapat dilakukan secara online. Apa yang mereka simpan adalah dokumen dokumen penting hingga dokumen rahasia yang tentu saja kemanannya harus diprioritaskan. Kamu dapat melakukan semua itu dengan bantuan gagdet kamu.
Nah demikian pembahasan kita mengenai manfaat dan mudarat gagdet terutama hape dan tablet dalam hidup. Semoga kamu lebih banyak memanfaatkannya...

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG