APLIKASI OFFICE: ANDROID vs iOS (APPLE), MANA YANG LEBIH BAIK?

Apple melalui perangkat mobilenya yang bernama iPad beberapa bulan yang lalu telah mendapatkan applikasi perkantoran hebat, aplikasi perkantoran yang nyaris mendominasi dunia karena dipakai secara luas di merata permukaan bumi: Microsoft Office! Kamu tahu orang tua kamu memakai aplikasi ini di kantor sejak kamu belum dilahirkan, dalam bentuk permulaannya yang sederhana. Kamu pasti sudah mengenal atau mendengar kata kata ini: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Presentation?

Oke, Microsoft Excel itu dipakai oleh orang dikantor untuk melakukan pekerjaan rutin, akuntansi, statistik, Input database karyawan karena didalam setiap selnya tersembunyi kalkulator yang hebat dan nyaris sempurna karena dapat membaca hampir semua bahasa dan bilangan matimatika. Kamu akan takjub jika melihat tabel tabel berisikan angka, pada setiap tabel jika kamu rubah satu angka saja akan menjumlah secara otomatis. Lalu kamu akan mebuka paket lain Microsoft Office bernama word, pada waktu dahulu orang sering memakainya untuk mengetik surat, pernyataan, dokumen kesaksian pemerintahan dll. Dan yang terakhir adalah Presentation, berguna bagi para professional yang berdiri didepan kelas pada saat mempresentasi ide dan temuan mereka.
Dahulu sebelum tablet dan smartphone bermunculan...Microsoft Office hanya dipakai di PC dekstop dan Laptop dan harga software ini mahal sekali. Lalu tablet muncul Aplikasi office alternatif bermunculan gratis untuk penggunaan dasar, membuat spreadsheet (excel), mengedit dan menerbitkannya dalam bentuk lembar pekerjaan. Google kemudian datang dengan ide office gratis mereka yang pada awalnya begitu sederhana namun terus di sempurnakan melalui update mereka mampu mengancam keberadaan Microsoft Office, kompetitor kompetitor lain seperti Libre Office, Polaris, Kingsoft, Quick Office dan Office suite bermunculan, walaupun mereka belum dapat menggoyahkan dominasi Microsoft office di PC konvensional, namun dengan sangat nyata mereka menjadi gegap gempita di di Tablet dan ponsel ponsel cerdas! Microsoft yang tadinya meremehkan fungsi tablet seperti iPad dan tablet Galaxy dalam menopang pekerjaan mulai terusik, apalagi mendapati kenyataan bahwa pasar global PC Laptop dan dekstop menurun tajam dari tahun ketahun karena orang orang kebanyakan lebih memilih perangkat yang lebih mobile ketimbang harus membawa bawa laptop untuk bekerja ketika bepergian. Terakhir kita melihat Microsoft Office akhirnya di pasang di iPad secara gratis! Di iPad kita dapat menggunakan Microsoft office buat mengolah, mengedit dan mempublish pekerjaan melalui cloud lalu nanti membukanya kembali melalui laptop untuk diedit, di kirim atau di print out. Microsoft juga sedang mengerjakan versi Androidnya namun sayangnya sampai sekarang belum dapat ditemukan di Play Storenya Android.
Terlepas dari didahulukannya iPad ketimbang Tablet Android, saya dengan senang hati membandingkan kemampuan Microsoft Office di iPad dengan kemampuan Office Suite yang berjalan di Tablet Android. Walaupun Office suite 8 pro juga berjalan di iPad, namun kemampuan dan kelengkapannya jauh berbeda dengan yang berjalan di sistem Android.


1. MICROSOFT OFFICE DI iPad.
Tampilan dan interface antarmuka tidak berbeda dengan yang berjalan di PC, penggunaan dasar di gratiskan oleh Microsoft. Namun untuk penggunaan fungsi penuh Microsoft mengharuskan kamu memiliki akun Microsoft Office 365 terlebih dahulu. Untuk melakukan pengetikan kamu dapat membeli keyboard bluetooth atau menggunakan keyboard layar sentuh lihat tampilannya di iPad
Tampilan Microsoft Office di iPad 
Icon icon terlihat serupa: Ms.Excel,MsWord, Ms Presentation, dan outlook. Ketika mencoba melakukan pengetikan pada spreadsheet menggunakan keyboard layar sentuh terasa layar menjadi "termakan" oleh keberadaan keyboard layar sentuh tsb. Akan tetapi ketika menggunakan keyboard bluetooth Layarpun terasa lega bagai bekerja dengan Laptop PC.
Tampilan lembar kerja Spreadsheet (Excel) pada iPad
Dengan spreadsheet excel Ms ini kita dapat menjalankan semua fungsi fungsi yang dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan perkantoran. Sayangnya, berbeda dengan Tablet Android yang menyediakan ruang simpan tambahan seperti karto microSD pada perangkatnya untuk menyimpan dokumen dan lembar kerja yang akan bisa edit kembali sewaktu sewaktu, iPad hanya menyediakan opsi penyimpanan "Cloud" seperti iCloud milik Apple sendiri, OneDrive milik Microsoft, GoogleDrive milik Google. Lihat di: Microsoft Office di Ipad

2. OFFICE SUITE 8 PRO DI TABLET ANDROID

Nah kita mencoba membandingkannya dengan Office suite 8 pro pada Tablet Tablet Android. Sebagaimana kita ketahui, Microsoft memang berencana memasukan Office kedalam sistem Android, namun dalam hal ini Microsoft mendahulukan pengguna iOS dengan dirilisnya Ms. Office di iPad. Seiring waktu Aplikasi aplikasi perkantoran serupa semakin berkembang. Microsoft merasa kuatir hal ini dapat meruntuhkan dominasi mereka. Beberapa aplikasi office seperti Polaris, Quick Office, Google Sheet dan juga Office Suite 8 pro berjalan lebih baik di Android ketimbang di iOS. Tentu saja hal ini tidak mengherankan karena pengembangnya adalah Google, sebut saja QuickOffice yang telah diakuisasi oleh Google. Membandingkan semua aplikasi office melawan Ms.Office tidaklah sederhana, jadi saya mengambil salah satunya, yakni Office Suite 8 Pro.

Menurut klaim dari pengembang aplikasi office ini paling kompatibel dengan Ms.Office, Aplikasi ini mampu dan memiliki semua kode kode spreadsheet, dokumen dan presentasi Ms. Office. Tampilannya yang mirip membuat pengguna yang sudah terbiasa bekerja dengan Ms. Office jadi terbiasa, Lihat saja gambar gambar dibawah ini:
Tampilan awal Aplikasi office suite 8 pro
Docoment mewakili Ms.Word, Spreadsheet serupa dengan Ms.Excel, Presentation sama dengan Ms.Presentation.Khusus ketika melakukan pekerjaan menggunakan spreadsheet, sangat terasa mirip dengan Ms.Excel semua fungsi berjalan dengan sempurna.
Tampilan lembar kerja spreadsheed "excel"nya Office Suite 8 Pro di tablet Android
Mengetik di Tablet menggunakan Keyboard bluetooth tambahan kiranya dapat membantu kita yang terbiasa bekerja dengan laptop. Samsung telah menjual keyboard buatan mereka yang terasa begitu nyaman di tangan pada saat melakukan pengetikan. Namun bagi kamu yang telah terbiasa melakukan pengetikan dengan keyboard layar sentuh tentu saja tidaklah terlalu sulit melakukannya, memang dari segi ergonomik beberapa pakar meragukan faktor kesehatan ketika orang berlama lama mengetik dengan keyboard layar sentuh. Namun kita yakin tubuh selalu beradaptasi dengan beberapa keadaan baru.
Bekerja dengan tablet menggunakan Keyboard bluetooth
Jadi mana yang lebih hebat? Office di iPad atau di Tablet Android?
Di iPad:
  1. Menggunakan Microsoft Genuine gratis mengolah, mengedit dan mempublish hasil lembar pekerjaan
  2. Namun tidak memiliki ruang simpan alternatif pada hardware seperti Tablet Android yang memiliki opsi ruang simpan tambahan microSD hingga 125GB
Di TAblet Android:
  1. Menggunakan Office Office alternatif yang walau bukan Microsoft berjalan semakin sempurna. Walaupun Tablet Tablet Android belum mendapatkan Ms.Office seperti iPad, namun mereka juga akhirnya akan mendapatkannya juga cepat atau lambat. Lagi pula office office alternative berjalan lebih baik di Tablet Android
  2. Punya ruang simpan tambahan, support kabel data OTG sehingga memudahkan perpindahan dan trasfer data, gambar maupun dokumen..
Saya memenangkan Tablet Android dalam hal dinamis dan kegesitan perangkat ini dari tahun ke tahun.

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG