APA YANG HEBAT DI GOOGLE?

Google adalah raksasa teknologi yang nyaris menguasai dunia secara unik. Terlepas dari keberhasilan itu Google memiliki apa saja yang hari ini rasanya sangat dekat dengan kehidupan bahkan bagi sebagian orang terasa begitu berguna. Apa sajakah itu?

1. PERAMBAN ATAU MESIN PENCARI
"Google saja" perkataan itu sekarang amat lumrah kita dengar. Kamu mau cari informasi apa saja di internet baik di firefox milik modzilla, safari milik apel atau internet explorer milik microsoft, mesin pencari Google tetap saja yang teratas sebagai pilihan pencarian. Kehebatan algoritma pencariannya yang pintar tidak dapat diragukan lagi. Disamping mesin pencari google juga memiliki browsernya sendiri yang kita sebut google Chrome.

2. ANDROID
Hampir melebihi 70% pengguna gagdet didunia menggunakan ini. Android adalah sebuah sistem operasi yang sangat pesat berkembang. Kalau bicara soal sistem operasi kita yang terbiasa bekerja pada PC akan tahu bahwa PC menggunakan Windows sebagai sistem operainya, itu kita namakan sistem operasi windows. Walaupun sekarang windows mengembangkan sistem operasi mobil buat smartphone, namun penggunaannya masih sangat jauh dibawah android dan iOS.
Dulu Nokia sempat berjaya malang melintang didunia dengan sistem operasi syimbian, namun kini sistem operasi yang pernah menjadi legenda ini telah mati bersama gagdet ponsel nokia yang hanya tinggal kenangan. Begitu juga Blackberry sempat menjadi gagdet ponsel yang hebat dengan sistem operasi RIM, namun kelihatannya mereka terlindas oleh perubahan waktu yang ketat dengan persaingan dan inovasi. Dunia sekarang mengenal dua sistem operasi mobile yang paling berpengaruh: Android dan iOS. Kedua sistem ini kini saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Belum jelas siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

3. GOOGLE TRANSLATE
Diantara sekian banyak mesin atau aplikasi penterjamah, tidak salah jika orang beranggapan Google Translator masih merupakan salah satu yang terbaik. Aplikasi penterjamah ini selalu update, tidak ada orang yang meragukan bahwa dibalik aplikasi aplikasi besutan raksasa internet google, bekerja para jenius yang telah direkrut dari berbagai bangsa diseluruh dunia. Google translate memiliki banyak kemampuan sebagai penterjamah: melalui suara, pengetikan, gambar dan kamera hingga algoritma pengenalan bahasa otomatis.
Google translate ini kemudian terbukti bermanfaat untuk orang orang yang memerlukan komunikasi dasar dalam berbagai bahasa. Atau untuk menterjamahkan bahasa asing kebahasa ibu pada saat membaca di internet.

4. YOUTUBE
Diantara situs penyedia tontonan dalam bentuk video, seperti daily motion, metacafe, dll. Youtube adalah yang terbesar, bahkan terakhir ketika video gangnam stylenya psy menembus angka kunjungan 2 milyar lebih, google merobah track record kunjungan dari 32 bit menjadi 64 bit. Itu menunjukan bahwa hanya video video youtube lah yang dapat menembus angka kunjungan fantastis itu.
Menonton youtube untuk masa sekarang tidaklah sesulit waktu dulu dalam artian kecepatan peramban dan kecepatan internet. Beberapa perbaikan sistem kompresi dan peramban membuat  video video youtube terasa semakin enteng diakses. Youtube bahkan telah menjadi hiburan alternative yang umum ditengah masyarakat dunia.

5. BLOGGER
Ini adalah layanan google yang lain bagi peminat dunia online, menjadi penulis, sekedar hobi ngeblog? Yang jelas tidak sedikit orang menyalurkan hobby dengan mendaftar ke blogger dan sukses mendapatkan penghasilan lumayan!
Menulis di blogger dan mendaftarkannya ke google adsense adalah salah satu upaya menjaring rupiah dengan menyediakan kolom iklan di halaman web anda. Tapi bagi yang mempunyai minat blog, blogger cukup baik untuk menjadi pilihan, walaupun banyak juga tersedia aplikasi aplikasi serupa di internet seperti wordpress, webo, atau opera dll.

6. GOOGLE DRIVE
Google drive adalah aplikasi penyimpanan dokumen, photo atau data bersifat cloud.
Aplikasi ini pas buat pekerjaan kantoran atau bisnis pribadi. Google melengkapi aplikasi ini dengan office tools seperti pengedit dokumen excel  word dan presentation milik microsoft. Aplikasi serupa milik microsoft yang bernama OneDrive. Namun kebanyakan aplikasi milik google dapat dipergunakan secara gratis tanpa kehilangan kualitas hebatnya.
Lembar lembar dokumen di google drive dapat di edit langsung menggunakan google sheet (seperti microsoft excel), google docs (serupa microsoft words), google slides (sama fungsinya dengan microsoft presentation)

7. GMAIL
Jasa aplikasi email sangat bervariasi di internet, namun gmail adalah salah satu yang terbaik. Tampilannya yang simple dan fresh banyak diadopsi oleh penedia aplikasi yang serupa.
Disamping aplikasi aplikasi diatas, masih banyak aplikasi hebat lain yang sedang dikembangkan oleh para engineer google, hal yang menggembirakan hampir semua aplikasi aplikasi ini dapat berjalan dengan amat baik di tablet dan handphone! Contohnya saya menulis artikel ini melalui ponsel Android berlayar 5"!
Salam
Adelinasasa.

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG