PILIH: EXTERNAL DRIVE YANG MAHAL ATAU CLOUD STORE YANG GRATIS?

Ruang penyimpanan cloud adalah trend bekerja dimasa depan, jika kamu masih menggunakan ruang server dikantor, artinya, perusahaan kamu belum siap         beralih ke masa depan dimana adopsi sistem cloud akan menjadi hal yang lumrah. Cloud adalah ruang penyimpanan di "awan" dimana dengannya kita dapat melakukan penyimpanan data, dokumen maupun hal lain seperti menyimpan dan mengedit data, menyimpan lagu, photo dll. Tentu saja cloud telah dilengkapi dengan sistem pengaman yang canggih.

Penyimpanan di awan
Kita tidak bercerita tentang perusahaan, kita berbagi tips bagaimana memanfaatkan gagdet kita lalu memiliki ruang penyimpanan "Abadi" di atas langit sana, dan kita dapat mengakses, mereview dan bekerja disana dari dalam kamar kita. Kalau kamu punya sebuah laptop berkapasitas 500 GB, dan kamu menyimpan semua dokumen pekerjaan kamu disana termasuk photo keluarga, copy surat surat berharga, lalu laptop itu rusak, jatuh ke laut, atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, apa yang terjadi?

Data kamu hilang, rusak atau disalahgunakan. Jika kamu menyimpan di cloud data kamu di jamin oleh sebuah badan usaha seperti google, dropbox, box sugarsync yang sudah punya kredibilitas secara hukum, baik kerahasiaan maupun keamanannya, data kamu juga di back up dengan baik jika terjadi sesuatu peristiwa hebat di dunia ini. Disamping itu kamu tidak perlu membeli external harddisk yang mahal dan memiliki PC dengan ruang penyimpanan yang gede juga di zaman ruang penyimpanan di awan ini tidaklah terlalu diperlukan lagi, saya hanya membutuhkan sebuah tablet berkasapitas 8 - 16 gigabyte ruang simpan ketika mengakses ruang simpan saya yang berada di "langit" disana telah saya simpan photo photo sejak tahun 2005, lagu lagu, dan juga video. Suatu saat saya ingin mengambilnya,  mem-print out-nya saya tinggal pergi ke warnet (jika masih ada warnet dimasa depan) saya hanya perlu membawa USB drive jika saya sangat miskin tidak bisa beli gagdet. Untungnya di masa depan tablet canggih masa sekarang tentunya telah menjadi jadul dan harganya menjadi   supermurah karena telah berubah menjadi setengah "sampah" teknologi. Sampai sekarang saya telah memiliki lebih 500 GB ruang simpan yang sewaktu waktu dapat saja saya bersihkan dengan tool yang juga telah       tersedia di internet, saya dapat membuang dokumen atau lagu lagu bermasalah   yang tidak aya sukai lagi atau menguncinya dalam folder khusus di cloud

Keuntungan lain menyimpan di awan, saya tidak lagi memerlukan lemari buku di ruangan rumah saya yang sempit, saya pencinta ruang minimalis dengan sedikit selera humor dan seni, saya memiliki semuanya dan saya simpan di awan. Vendor vendor Pengelola "penyimpanan Cloud" atau "Ruang Simpan di awan" telah mengatur agar kelak jika kamu telah tiada didunia ini, property kita tersebut dapat diwariskan kepada keturunan kita.

Mengenai buku, saya telah mulai membeli buku dalam bentuk digital dan dibaca di tablet, jika tablet saya hilang dan saya beli tablet baru, buku saya tidak ikut hilang, hanya dengan memulihkan akun saya semua kembali seperti sedikala.

CARA MENGELOLA GAGDET KAMU AGAR TERHUBUNG KE CLOUD

Dari pertama kita megoperasikan tablet yang baru kita beli, sistem telah menawarkan banyak hal, diantaranya menyarankan kamu memasukan akun kamu. Dari email hingga akun untuk game, hiburan, jejaring social seperti FB, tweeter, hingga google plus. Namun beberapa gagdet pintar segera mendeteksi ketika kamu menggunakannya untuk pekerjaan, biasanya muncul tawaran agar kamu mengakses atau mendaftar ke jasa penyimpanan berbasis cloud seperti SugarSync, DropBox, Google Drive, dan Sky Drive milik Microsoft. Di ruang penyimpanan milik googe dan Mirosoft telah dilengkapi dengan tool office sehingga kamu bisa mengedit dokumen dalam bentuk excel, word maupun presentation dan penyimpannya disana. Ruang penyimpanan masing masing 5-10 GB biasanya gratis.
Cara bekerja di awan
Pada samsung Galaxy tab ada aplikasi yang telah terpasang default atau dapat kamu unggah dari google play dan Samsung App, yakni: Samsung  Link. (Lihat gambar)
Gambar ikon Samsung Link di layar tablet
Nah jika kamu klik ikon tersebut yang dilingkari pada layar tablet (sebelumnya kamu harus mencarinya di google play atau Samsung App jika belum terinstall secara default di gagdet kamu) maka akan muncul berturut turut tampilan seperti pada gambar dibawah ini:
Gambar selanjutnya...

Pada selanjutnya kita di ajak mendaftarkan PC ke cloud yang telah kita miliki, kalau belum punya silahkan membut akun dropbox, SkyDrive, atau Box, prosesnya mudah dan dari ketiga akun kamu akan medapat 30 GB ruang penyimpanan gratis. Ingat klik "next"
Gambar ikon ruang simpan kita sperti dilingkari pada bagian kiri halaman
Pada halaman selanjutnya seperti kita lihat tiga ruang penyimpanan dimana PC kita terdaftar untuk mengaksesnya. Jangan lupa klik "next"
Gambar yang ditunjuk adalah PC external disampingnya ada juga galaxy note 10.1
Gambar ini menunjukan semua device yang akhirnya terintegrasi dengan penyimpanan cloud kamu, termasuk kamera. Dengan kamera android kamu dapat langsung menyimpan gambar hasil jepretan baik yang mentah maupun yang sudah di edit ketempat yang kokoh dan aman yakni, Cloud Store. Klik "OK"

Contoh file yang saya simpan di cloud
Gambar terakhir adalah contoh folder dan stuff  (video) yang telah saya amankan di Cloud Store, saya dapat mensinkronisenya dengan laptop, tablet, ponsel dan bahkan telivisi pintar. Lihat folder terakhir ada folder, folder tersebut berisikan dokumen dokumen penting uang masuk dan keluar, misalnya termasuk transaksi kecil kecilan dan bukti jual beli online yang sewaktu waktu dapat di jadikan bahan klaim jika sewaktu waktu di butuhkan.

Jika kamu tertarik menambah ruang simpan penuh rahasia ini kamu dapat melakukannya mulai sekarang ketika pendaftaran masih sangat mudah, dan orang masih belum begitu banyak memanfaatkan ruang simpan cloud ini.

Ingat anda dapat menciptakan harta karun anda sendiri!

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG