MENGATASI EROR KEYBOARD UNTUK PERANGKAT TABLET DAN WINDOWS8

Masih ingat? Minggu lalu saya menerbitkan tulisan di blog ini tentang pengalaman pertama memakai keyboard fisik buat tablet android galaxy note 10.1 dengan tujuan agar mengetik lebih nyaman, apalagi bila hal itu sudah menjadi kegiatan rutin kita. Pada saat pertama menggunakannya saya sempat kecewa karena mengetik dengan tablet ini tidak sempurna alias "cacat" karena ketika bermaksud mengetik karakter @, untuk penulisan alamat email, (contoh: sufyanyaan@gmail.com) karakter yang muncul malahan ", maka karena panasaran saya mencoba mengetik karakter ", eh yang muncul adalah karakter @.



Saya sampai mengutak atik kode, tapi tidak ketemu akar masalah, kiranya kesalahan ini terjadi karena setting bahasa, karena saya orang Indonesia (Aku cinta Indonesia, coy) saya men-setting tablet ini menggunakan bahasa Indonesia, karena sang tablet menyediakan pilihan tersebut, jadi saya gak salah kan? Mana saya tahu sebelumnya kalau hal ini malahan menjadi masalah pada saat pengetikan menggunakan keyboard fisik tambahan, bagi saya akurasi papan ketik itu penting karena berhubungan langsung dengan produktivitas dan pekerjaan. Jadi saya tidak bisa berlaku seolah hal ini 'no big deal'

Saya membaca artikel microsoft mengenai windows8 baik yang versi professional maupun yang versi windows8 RTnya, disana bule bule itu mengeluh tentang keyboard tablet surface yang juga suka rada rada eror, saya mencari jawaban mikocok (eh, microsoft) jawabannya hal itu ada hubungannya dengan setting bahasa. Eh buru buru saya tutup artikel berbahasa Inggris itu, dan meraih tablet note 10.1 saya, saya periksa setting, ternyata sejak awal saya telah memilih bahasa Indonesia, segera saya rubah setting menjadi bahasa Inggris (dalam hal ini saya lebih familiar bahasa Inggris aksen Amerika, karena keseringan nonton filem hollywood, kali ya... Jadi saya pilih: English US)

Saya tutup setting, saya buka halaman blog saya ketik karakter @ pada keyboard, ternyata sekarang jadi lempang, saya uji seluruh tombol ketik, sekarang baru sempurna! Sialan kesalahan penulisan karakter tersebut hanya karena kesalahan setting bahasa! Padahal seharusnya bahasa tu bersifat universal.
Untuk jelasnya lihat screenshot yang saya lampirkan dibawah ini:

Gambar setting bahasa di tablet, hal ini juga harus dilakukan di PC bersistem windows8
Kebetulan juga saya teringat seorang teman pernah menginstal windows8 pada laptopnya, dan saya menanyakan tentang bagian error, ternyata dia mengalami hal yang sama, dia mengatasi hal tersebut dengan menginstall ulang OS windows8 tersebut perbaikan terjadi karena dengan menginstal ulang berarti secara otomatis mereset bahasa.

Sebenarnya menginstal ulang tidak perlu dilakukan jika hanya untuk membuat keyboard berfungsi normal di windows8, cukup dengan mengatur setting bahasa yang dapat dilakukan melalui program atau dengan mengklik kanan My Komputer. Pada kolom pertanyaan saya akan menjawab pertanyaan seputar hal tersebut....

Komentar

PALING BANYAK DI BACA

HANYA BUAT TEST SAJA

10 Alasan ini bisa bikin anda kecewa sama iPhone X

CARA MENCARI DUIT DENGAN CARA NGEBLOG